in

Kabel Supreme vs Eterna: Pilih yang Tepat untuk Kebutuhan Anda

Kabel listrik adalah komponen penting dalam instalasi listrik yang baik dan aman. Kabel yang dipilih harus dapat menyalurkan arus listrik dengan baik dan juga tahan terhadap waktu dan lingkungan sekitar. Kabel Supreme dan Eterna adalah dua merek kabel listrik yang sering dibandingkan dan banyak dipakai di Indonesia. Namun, apakah kabel Supreme dan Eterna sama saja? Berikut ini adalah perbedaan kabel Supreme dan Eterna dari segi kegunaan, bahan pembuatan, kualitas, daya tahan, dan harga.

Kegunaan

Kabel Supreme dan Eterna dapat digunakan untuk aplikasi listrik yang sama, yaitu untuk instalasi rumah, gedung, maupun industri. Namun, ada beberapa keunggulan masing-masing kabel dalam beberapa kasus.

Kabel Supreme lebih cocok digunakan di area yang membutuhkan daya listrik tinggi, seperti untuk AC, mesin, dan pompa. Sedangkan, kabel Eterna lebih cocok digunakan di area yang membutuhkan daya listrik sedang, seperti untuk lampu dan alat-alat elektronik. Oleh karena itu, sebelum memilih kabel yang tepat, pertimbangkan jenis peralatan yang akan diinstalasikan.

Bahan Pembuatan

Kabel Supreme dan Eterna memiliki bahan pembuatan yang berbeda. Kabel Supreme menggunakan bahan PVC dan tembaga murni sebagai konduktor, sementara kabel Eterna menggunakan bahan PVC dan tembaga kuningan.

Penggunaan tembaga murni pada kabel Supreme membuatnya lebih baik dalam menghantar arus listrik daripada jenis kabel lainnya. Sementara itu, penggunaan tembaga kuningan pada kabel Eterna membuatnya lebih tahan karat, sehingga cocok digunakan di area yang cenderung lembap atau berkadar air yang tinggi.

Kualitas

Kabel Supreme dan Eterna sama-sama memiliki standar kualitas yang tinggi. Kabel Supreme dan Eterna sudah sesuai dengan standar internasional yaitu IEC 60227, JIS C3410, ASTM, VDE, BS, dan SNI. Standar ini menjamin bahwa kabel-kabel tersebut aman dan dapat dipercaya untuk digunakan.

BACA JUGA  Note 8 vs Note 7: Perbandingan Mendalam Spesifikasi dan Fitur Terbaru Samsung

Kabel Supreme dan Eterna juga sudah dilengkapi dengan sertifikat dari lembaga sertifikasi nasional yang menjamin kualitas produk. Kabel Supreme sudah memiliki sertifikat SNI, sertifikat SIRIM dari Malaysia, serta sertifikat PSB dari Singapura. Sedangkan, kabel Eterna sudah memiliki sertifikat SNI, sertifikat VDE dari Jerman, serta sertifikat PSB dari Singapura. Oleh karena itu, kualitas kabel Supreme dan Eterna bisa diandalkan untuk berbagai jenis aplikasi listrik.

Daya Tahan

Kabel Supreme diklaim lebih tahan terhadap tekanan dan panas, dengan suhu pemakaian hingga 90 derajat Celsius. Sedangkan, kabel Eterna diklaim memiliki daya tahan yang baik terhadap kelembapan, dengan suhu pemakaian hingga 70 derajat Celsius.

Ketahanan kabel terhadap lingkungan sangat penting dalam menentukan pilihan kabel. Kabel yang tahan terhadap lingkungan cenderung lebih tahan lama dan dapat mengurangi risiko kebakaran dan korsleting. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih kabel yang sesuai dengan lingkungan dan kebutuhan listrik di tempat Anda.

Harga

Perbedaan harga antara kabel Supreme dan Eterna memang ada, namun tidak terlalu signifikan. Harga kabel Supreme kisaran Rp 10.000-50.000 per meter, sedangkan harga kabel Eterna kisaran Rp 7.500-30.000 per meter, tergantung pada ukuran dan jenis kabelnya.

Kesimpulan

Kabel Supreme dan Eterna sama-sama memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing di beberapa aspek. Kedua kabel tersebut dapat dipercaya untuk berbagai jenis aplikasi listrik dan sudah sesuai dengan standar kualitas internasional. Sebelum memilih kabel yang tepat untuk kebutuhan Anda, pastikan untuk mempertimbangkan jenis peralatan listrik dan lingkungan di mana kabel tersebut akan digunakan. Jangan lupa untuk memilih kabel yang memiliki sertifikasi dan kualitas yang terjamin serta sesuai dengan standar internasional.

FAQ

  1. Mana yang lebih baik, kabel Supreme atau Eterna?
    Kedua kabel sama-sama bagus dan dapat dipercaya. Pilihlah kabel yang sesuai dengan jenis peralatan dan lingkungan di mana kabel tersebut akan digunakan.
  2. Apakah kualitas kabel Supreme dan Eterna sudah sesuai standar internasional?
    Ya, kualitas kabel Supreme dan Eterna sudah sesuai dengan standar internasional yaitu IEC 60227, JIS C3410, ASTM, VDE, BS, dan SNI.
  3. Apakah kedua kabel tersebut dapat digunakan untuk aplikasi listrik yang sama?
    Ya, keduanya dapat digunakan untuk instalasi rumah, gedung, maupun industri. Namun, pertimbangkan keunggulan masing-masing kabel dalam beberapa kasus.
  4. Apakah harga kabel Supreme lebih mahal daripada kabel Eterna?
    Harga kabel Supreme memang sedikit lebih mahal daripada kabel Eterna, namun tidak terlalu signifikan. Harga keduanya tergantung pada ukuran dan jenis kabelnya.

What do you think?

Written by Robby Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Cara Menyalakan Hp Jika Tombol Power Rusak: Solusi Alternatif yang Bisa Dilakukan

Kelemahan Advan i5C: Review dan Spesifikasi Terkini